The Law No. 6 of 2014 about the Village brought fundamental changes in the management, arrangement and implementation of village governance. In village finances, the law governs the source of village income which can implicates the budget allocation for the village, both sourced from the central budget as well as the regional budget. Since the year 2015, the allocation of village funds increase…
Indonesia masih menghadapi tantangan besar dalam isu kekurangan gizi kronis pada balita, yang ditunjukkan oleh tingginya prevalensi balita stunting. Untuk mengukur efektivitas dan mempertajam penargetan upaya pencegahan stunting, pemerintah memerlukan informasi mengenai tingkat dan sebaran prevalensi balita stunting pada tingkat wilayah administrasi yang lebih rendah dari tingkat kabupaten/kota…
Salah satu faktor kesehatan yang masih membutuhkan perbaikan adalah stunting. Indonesia adalah negara dengan prevalensi stunting tertinggi kelima di dunia. Untuk mencapai target angka stunting sebesar 28% sebagaimana dalam RPJMN 2015-2019, pemerintah pada tahun 2018 telah menetapkan prioritas wilayah pencegahan stunting di 100 Kabupaten/Kota dan diperluas secara bertahap sampai dengan tahun 202…
The most optimal implementation target is equal to the Village Fund formulation that upholds the principles of equality and fairness. It is, therefore, necessary to develop a composite index prior to the distribution of allocations during fiscal year 2019. The composite index should also reflect the region’s condition, as is the case with the Village Fund with the development of the IKG. This…
Target penerapan yang paling optimal adalah setara dengan penerapan formulasi pada Dana Desa yang mempertahankan prinsip pemerataan dan berkeadilan. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan indeks komposit sebelum alokasi didistribusikan pada TA 2019. Penyusunan indeks komposit juga perlu menggambarkan kondisi wilayah sebagaimana yang dilakukan pada dana desa dengan mengembangkan Indeks Kesulit…
Informasi yang memadai dan akurat tentang kecukupan konsumsi energi dan zat gizi makro di tingkat kabupaten/ kota dapat mendukung upaya pencegahan dan penanganan kerawanan gizi dan kekerdilan (stunting). Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi mengamanatkan pemerintah pusat dan daerah sesuai dengan kewenangannya untuk membangun, menyusun, dan mengembangkan sis…
While a small percentage of Indonesians are chronically poor, poverty in Indonesia is largely a transient phenomenon. The number of transient poor–those moving in and out of poverty–was estimated at 17.92 percent of the population or 44.2 million people in 2013
One aspect of Indonesia’s health profile that still needs improvement is stunting. In 2018 Indonesia had one of the highest prevalence rates for stunting in the world at 30.8 percent. To achieve the National Medium-Term Development Plan 2015-2019 (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Negara: RPJMN) target of a 28 percent stunting rate, in 2018 the government set priority areas for stunting pre…
Kemiskinan pada dasarnya adalah ketidakmampuan untuk memenuhi suatu standar hidup tertentu. Ukuran kemiskinan yang banyak digunakan di negara berkembang adalah kemiskinan absolut yang membandingkan pendapatan atau pengeluaran rumah tangga dengan garis kemiskinan. Garis tersebut didasarkan pada pengeluaran atau pendapatan minimum untuk memperoleh: (i) sejumlah makanan untuk memenuhi kebutuhan ka…
Poverty is essentially the inability to meet certain basic needs such as food, clothing, and shelter. The measurement of poverty commonly used in developing countries is absolute poverty, which compares household income or expenditures and the poverty line. The line is based upon the minimum expenditures or income needed to obtain: (i) a quantity of food to fulfill certain calorie needs; and (i…